RUPIAHKU PAHLAWANKU, RUPIAH ZAMAN NOW AND FUTURE


Rupiah adalah mata uang Indonesia. Rupiah kita tidak lepas dari para pahlawan. Generasi zaman now harus sering diingatkan siapa  saja pahlawan-pahlawan Indonesia, terutama yang ada dalam rupiah.dan kids zaman now juga harus tau  apa itu pahlawan? Pahlawan adalah orang yang telah berjasa bagi orang lain.  Di Indonesia banyak pahlawan-pahlawan yang berjasa untuk bangsa ini. Mereka membangun bangsa kita, Mereka pemersatu bangsa, mereka adalah pahlawan bagi kita, mereka diantaranya adalah :
Pahlawan yang ada pada uang kertas emisi 2016
1.      Tjut Meutia. Terdapat pada uang Rp. 1.000
Tjoet Nyak Meutia adalah pahlawan nasional Indonesia dari daerah Aceh. Ia menjadi pahlawan nasional indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964.
2.      Mohammad Hoesni Thamrin. Terdapat pada uang Rp. 2.000,
Mohammad Husni adalah seorang politisi era Hindia Belanda yang kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia
3.      KH. Idham Chalid terdapat pada uang Rp. 5.000
Dr. KH. Idham Chalid adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Mentri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II  dan Kabinet Djuanda. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR. Selain sebagai politikus ia aktif dalam kegiatan keagamaan dan ia pernah menjabat Ketua Tanfidziyah  Nahdlatul Ulama 
4.      Frans Kaisepo terdapat pada uang Rp. 10.000
Frans Kaisiepo adalah Pahlawan nasional Indonesia dari Papua. Frans terlibat dalam Konferensi Malino yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua. Ia mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti tempat yang panas. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai gubernur Papua 
5.      Dr. G. S.S.J Ratulangi terdapat pada uang Rp. 20.000
Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi adalah seorang aktivis kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Sam Ratulangi juga sering disebut-sebut sebagai tokoh multidimensional. Ia dikenal dengan filsafatnya: "Si tou timou tumou tou" yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.
6.      Ir.H.Djuanda Kartawidjaja terdapat pada uang Rp. 50.000
Ir. Haji Raden Djoeanda Kartawidjaja adalah Perdana Mentri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir. 
7.      Dr. (H.C) Ir. H. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta terdapat pada uang  Rp. 100.000
Dr. (H.C) Ir. H. Soekarno adalah Presiden Pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1966 Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda Ia adalah Proklamator Kemerdeaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agusts . Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.
 Drs. H. Mohammad Hatta adalah tokoh pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Mohamad Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.
Pahlawan yang ada pada uang logam emisi 2016
·         Rp 100 bergambar Prof. Dr.Ir. Herman Johannes
·         Rp 200 bergambar Dr. Tjiptomangunkusumo
·         Rp 500 bergambar Letjend TNI Purn. TB Simatupang
·         Rp 1.000 bergambar I Gusti Ketut Pudja

Masih banyak lagi para pahlawan-pahlawan yang berjasa. Kita harus membaca sejarah lagi untuk menambah wawasan kita tentang pahlawan. Jika tidak suka membaca minimal kalian punya rupiah, kalian bisa melihat pada rupiah kalian, karena dirupiah yang kalian pegang saat ini ada nama-nama pahlawannya. Tapi bukan hanya nama pahlawan saja tetapi ada nama tarian tradisional, nama pulau, Generasi zaman now harus hafal pahlawan-pahlawan yang ada dalam rupiah, minimal dalam rupiah yang emisi 2016.
Bank Indonesia sudah mendesign rupiah dengan sangat bagus, keren dan kekinian. Selain menampilkan gambar pahlawan ada juga tarian tradisional, sebagai bentuk melestarikan karakteristik sebuah bangsa, juga menampilkan gambar destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia.
Berikut beberapa destinasi wisata yang ditampilkan dalam uang kertas rupiah baru dengan tahun emisi 2016.
·         Rp 1.000, Banda Neira 
·         Rp 2.000, Ngarai Sianok
·         Rp 5.000, Gunung Bromo
·         Rp 10.000, Taman Nasional Wakatobi
·         Rp 20.000, Kepulauan Derawan
·         Rp 50.000, Pulau Padar. Taman Nasional Komodo
·         Rp 100.000, Kepulauan Wayang. Raja Ampat
Berikut beberapa tarian tradisional yang ditampilkan dalam uang kertas rupiah baru dengan tahun emisi 2016.
·         Rp 1.000, Tari Tifa
·         Rp 2.000, Tari Piring
·         Rp 5.000, Tari Gambyong
·         Rp 10.000, Tari Pakarena
·         Rp 20.000, Tari Kancet Ledo
·         Rp 50.000, Tari Legong
·         Rp 100.000, Tari Topeng Betawi
Berikut 7 gambar bunga yang ada di uang kertas baru rupiah dengan tahun emisi 2016.
·         Rp 1.000, Bunga Anggrek Larat
·         Rp 2.000, Bunga Jeumpa
·         Rp 5.000, Bunga Sedap Malam
·         Rp 10.000, Bunga Cempaka Hutan Kasar
·         Rp 20.000, Bunga Anggrek Hitam
·         Rp 50.000, Bunga Jepun Bali
·         Rp 100.000, Bunga Anggrek Bulan
Sangat keren bukan? Design dari bank Indonesia, Rupiah Zaman now dan Future.
Selain kita mengenal para pahlawan, alangkah baiknya kita juga mengenal hal-hal apa saja yang menyebabkan rusaknya rupiah kita, diantaranyanya adalah
karena dilipat, nah kebanyakan masyarakat Indonesia masih suka melipat-lipat rupiah, mungkin karena buru-buru sehingga lupa dimasukin ke dalam dompet dengan rapi, hal ini sering terjadi pada diri kita,
kemudian sering dicoret-coret, hal seperti ini biasanya ada yang curhat, ada yang menulis nomor handphone, dan lain sebagainya. Generasi zaman now stop untuk mencoret-coret rupiah curhatlah dibuku agenda kalian.
distrapler, karena takut uangnya berserahkan, kebanyakan masih suka stapler uang untuk disatuin. Tapi ini tidak boleh dilakukan ada cara lain yang lebih bagus,
dibasahi, biasanya dari kita kadang lupa mengeluarkan uang dari saku celana atau baju yang kita pakai ketika itu, kemudian celana atau bajunya dicuci, kerendam air, so buat teman-teman lebih hati-hati lagi, dan diperiksa saku celana dan baju sebelum mencuci.
sobek, kadang kalau untuk sengaja mungkin tidak dilakukan oleh kita, sayang kan uangnya disobek, wow apalagi yang disobek 100.000 rupiah yang seharusnya beli bakso dapat 10 mangkok, sayang sekali jika tidak layak pakai. So jangan ya teman-teman untuk sobek-sobek rupiah.
Hal-hal diatas perlu kita hindari tidak boleh dilakukan karena  uangnya akan menjadi tidak layak edar dan susah untuk dikenali ciri-ciri keasliannya, dan lebih prihatin lagi jika kita melakukan hal tersebut akan berimbasnya ke orang lain terutama bagi orang-orang tunanetra. Jadi diharapkan kita sama-sama menjaga uang yang kita miliki dengan cara 5 Jangan diantaranya :
1.      Jangan dilipat
2.      Jangan dicoret
3.      Jangan distapler
4.      Jangan diremas
5.      Jangan dibasahi
Kebayangkan gimana kalau rupiah yang kita pegang bersih, rapih, tidak rusak, dan tidak lecek dan lain sebagainya. Rupiah saja bersih apalagi negaranya. Bangga ya kita kalau Negara kita terkenal dengan Negara yang bersih, rapih, tentram, dan aman, kita jadikan Rupiah zaman now dan future lebih baik lagi, kita bantu Negara ini minimal mengurangi anggaran pemerintah dalam pencetakan uang.
dan saya pribadi sering bilang ke teman-teman jagan dilipat jagan dicoret, dan lain sebagainya, terkadang saya dibilangi oleh teman-teman jagan sok bersih, Uang Indonesia sudah terbiasa seperti ini, sering kucel, diremas oleh orang lain, kita sudah menjaga tetapi kita dapat kembalian dari orang lain, dan bebagai jawaban dari teman-teman,   sedih saya  mendengarnya. Dan sedih juga kalau saya pribadi mendapatkan uang kembalian yang jelek.
Nah.. jadi ayo kita sama-sama memulai dengan membiasakan diri merawat rupiah kita. Kalau bukan kita kaum muda,generasi zaman now,  siapa lagi? Yang terpenting mulai dari diri sendiri.Semangat Cinta Rupiah
Apa sih maanfaat dari Rupiah?
Manfaat rupiah adalah sebagai alat tukar, alat untuk transaksi. Berapapun rupiah yang kalian miliki itu sangat bermanfaat. Uang bukan segala-galanya, tetapi segala-galanya butuh uang, butuh rupiah sekecil apapun, 100 rupiah juga sangat berarti karena Rp. 500  ada karena,  Rp. 100 , Rp. 1000 tidak akan ada jika tidak ada Rp. 100. Dan begitu seterusnya. So hargai dan cintai rupiah yang anda miliki.
Hal-hal yang perlu dijaga terhadap rupiah adalah
1.      menjaga keasliannya
cara kita membedakan rupiah asli atau palsu dengan cara 3D, yautu dilihat, diraba, dan ditrawang.
2.      menjaga kerapihannya
Uang yang kita pegang harus kita jaga, minimal kita tidak melakukan LCSRB (Lipat, Coret, Strapler, Remas, Basahi)
Kenali dan tahu, kamu akan cintai dan kamu jaga. Sesorang jika sudah kenal dia akan menjaganya dan merawatnya.
Rupiahku Pahlawanku. setiap uang yang terbitkan sebagian besar adalah gambar dari pahlawan-pahlawan bangsa yang telah berjuang. Jadi dengan adanya rupiah kita jadi mengenang pahlawan-pahlawan kita. Dan uang yang kita pegang jangan kita membiarkannya rusak, jika rusak sama saja kita tidak menghormati pahlawan yang ada di uang tersebut.
Rupiahku pahlawanku.semua orang butuh uang sekecil apapun itu, tetapi itu sangat berharga. Disaat tanggal tua, ada istilah dari kami bahwa pahlawan akan datang, karena pada saat tanggal muda sebagian besar orang-orang mendapat gaji, dan itu adalah suatu kebahagian tersendiri dan itu adalah pahlawan, karena untuk membeli kebutuhan-kebutuhan sangan, papan.
Rupiahku Pahlawanku, rupiah zaman now dan zaman future akan menjadi rupiah yang bersih rapih, keren dan kekinian. Jika kita sama-sama untuk menjaganya  merawatnya dan mencintainya
So buat teman-teman semoga blog ini bermanfaat buat teman-teman untuk mencintai dan menjaga rupiah. Semangat Cinta Rupiah, sama seperti teman-teman mencintai orang-orang berjuang untuk teman-teman.


Thanks…..

Comments

Popular Posts