MEMBACA ADALAH KUNCI KEBERHASILAN


Di masyarakat Indonesia ini terbilang minat bacanya kurang, sangat kurang, ketika saya duduk di bangku sekolah dasar saya termasuk orang yang tidak suka membaca, setiap kali saya membaca saya selalu mengantuk, saya juga tidak tahu apa sebabnya, seiring waktu berjalan, ketika menginjak kaki di bangku sekolah menenggah, Ada kata mutiara yang memotivasi diri saya “ Setiap kali anda membaca, anda menjadi pribadi yang baru”
 saya mulai paham tentang begitu pentingnya membaca. Saya SMPnya di Pondok pesantren. Dengan aktivitasnya yang banyak sangat disayangkan jika terlewatkan waktu untuk membaca. Waktu adalah emas.
            Ketika kita berada di bangku sekolah dasar, kita sudah diajarkan tentang cara membaca, bahkan sebelum memasuki sekolah dasar (SD), sebelumnya adalah taman kanak-kanak (TK) kita sudah diajarkan tentang huruf-huruf dari huruf A- Z. kenapa kita diajarkan tentang hal itu, karena hal itu sangat penting dalam hidup kita, coba kita bayangkan jika kita tidak bisa membaca, bisa kacau ini dunia. Ilmu yang sudah kita dapatkan dari TK sampai sekarang ini, kita amalkan, berbagi dengan yang lain. “ Belajarlah bahasa huruf, sehingga anda bisa membaca tulisan. belajarlah bahasa alam, sehingga anda bisa membaca jutaan hikmah dari alam. Belajarlah bahasa kehidupan, sehingga anda bisa membaca arti dari setiap kejadian”
Membaca adalah aktifitas yang membuat sengsara, kecuali anda telah menemukan keindahan dari membaca. Membaca adalah aktifitas menyenangkan, dan menghasilkan hal-hal menyenangkan. Jika anda tidak pernah membaca, maka pemahaman anda pada dunia masih kabur. Orang yang rajin membaca buku memiliki umur yang panjang, karena ia mampu berkelana ke ribuan tahun silam.
Dari kata-kata mutiara di atas sangat memotivasi buat kita semua tentang begitu pentingnya membaca. Rosulullah SAW ketika mendapat wahyu yang pertama kali adalah surah Al-Alaq 1-5, kita itu Jibril berkata kepada Nabi, “ Bacalah, Bacalah, Bacalah. Ketika itu Nabi tidak bisa membaca.
Dengan membaca kita bisa menjadi orang-orang yang hebat. Jika ingin menjadi orang hebat, maka bacalah buku-buku yang tulis orang-orang hebat. Karena didalamnya terselip rahasia-rahasia sukses mereka. Contohnya sudah banyak orang-orang yang sukses berbagi pengalaman hidupnya dalam bentuk tulisan, bercerita dalam buku, so kita hanya memilih untuk membaca agar termotivasi. Agar bisa seperti mereka-mereka orang-orang sukses. Mau sukses? Ayo membaca. 

Jika tidak suka membaca, bertemanlah dengan orang yang suka membaca, saya yakin dengan beriringnya waktu akan suka membaca, jadi teman juga berpengaruh, maka bertemanlah dengan orang yang suka baca, sebagaimana dalam Mahfuzhot yang artinya sebaik-baiknya teman adalah buku, kenapa buku? Karena buku tidak pernah melupakan kita, buku tidak pernah marah jika kita melupakannya dan mengabaikannya, tetapi ketika anda tidak ada teman anda akan datang padanya, anda akan membacanya, dan anda membutuhkannya. “jika anda bersahabat dengan buku, maka anda tidak pernah kesepian. Karena buku mampu membuat anda hidup ceria”
Ada waktu-waktu yang tepat untuk membaca dan menghafal
·         Ketika sore hari
·         Ketika pagi hari
Di dua waktu ini selain membaca, daya ingat apa yang sudah dibaca lebih melekat diotak, dan mudah untuk dipahami,
Sebenarnya banyak waktu untuk membaca, di mobil, di kapal, di jalan, di manapun kita bisa membaca, yang penting selalu didorong dengan kemauan yang kuat.
Teman saya selalu membaca ketika yang lainnya terlelap tidur, karena menurutnya lebih cepat untuk memahami dan daya ingatnya kuat setelah membaca.
Semua orang berbeda-beda cara membacanya, ada yang cepat paham, ada juga yang lama,
Tips meningkatkan minat baca :
1.      Kurangi baca pesan-pesan singkat, contoh SMS,
Dosen saya pernah mengatakan, kenapa kebanyakan dari siswa, mahasiswa malas membaca, karena terlalu sering membaca pesan singkat, dan jarang membaca artikel yang panjang-panjang, jika ada broadcast yang dikirim dan itu panjang, tuh tidak dibaca, bahkan diabaikan aja.
2.      Berteman dengan orang yang suka baca, jangan dengan orang yang malas baca, “Orang yang rajin membaca bagaikan sedang melihat masa lalu dan masa depan. Hadir disetiap sejarah, dan hadir di setiap imajinasi orang-orang hebat”
3.      Membuat perpustakaan mini, “setiap buku yang anda baca hari ini akan menyelamatkan anda berkali-kali dimasa depan”
4.      Mentargetkan jumlah membaca buku seminggu berapa kali, “Satu buku yang anda baca, bisa jadi lebih berharga dari mobil mewah yang dihadiahkan”
Teman saya memberi pertanyaan teka-teki kepada saya, “kamu tau tidak perbedaan orang Belanda dan orang Indonesia?”  Hhhm apa yaa,, saya menjawab “ tidak tahu”,
Perbedaannya adalah kalau orang Belanda mereka kalau ngantuk mereka selalu berusaha untuk membaca buku agar tidak ngantuk, kalau orang Indonesia mau ngantuk mereka baca buku. Coba deh kamu liat siswa-siswa kalau baca buku rata-rata ngantuk. Itulah budaya kita. Padahalkan orang yang suka membaca ketika di kelas pemahamannya lebih cepat dari pada orang yang malas membaca
 ketika itu saya mulai berpikir. Pantes aja Negara luar termasuk Negara yang maju,masyarakatnya suka membaca. So untuk para siswa-siswi atau santri-santri, mahasiswa- mahasiswa, dan lain-lain kalau mau jadi anak pintar dan ingin memajukan negara Indonesia ini, Negara tercinta kita. ayoo mulai sekarang banyak membaca buku, Membaca, Membaca dan Membaca.
Salah satu kunci agar Negara Indonesia ini menjadi maju adalah banyak membaca.
Banyak Membaca adalah Cara Untuk Menjadi Orang Beruntung



                    


Comments

  1. Terimakasih atas partisipasi anda dalam #BingkisanCintaBaca
    Salam Hangat dari Cimahi

    ReplyDelete
  2. Sukses ya mbak , jangan pernah lelah membaca

    ReplyDelete
  3. Lingkungan yang kondusif memang bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong semangat baca. Mari sama-sama menebarkan virus baca di lingkungan kita :)

    ReplyDelete
  4. yuukk semngt membaca...:)
    kalau bukan kita2 yg menebarkan virus2 baca, siapa lagi,,,
    jangan sampai virus2 yang jelek yg akan bertebar di lingkungan kita,,, :)

    ReplyDelete
  5. sukses terus Ustadzah ma'rifah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts